Elon Musk Mendapatkan pendanaan sebesar 56 Miliar dollar di lianxifs iben77

Elon Musk Mendapat Bayaran $56 Milyar dari TESLA

Tesla kembali berupaya memberikan kesepakatan gaji terbesar dalam sejarah perusahaan Amerika kepada bos Elon Musk, senilai $56 miliar dollar (£44,9 miliar).

Perusahaan kendaraan listrik (EV) meminta pemegang saham untuk memberikan suara mengenai rekor gaji kepala eksekutifnya yang ditetapkan pada tahun 2018.

Namun, kesepakatan itu ditolak oleh hakim AS pada bulan Januari yang menggambarkannya sebagai “jumlah yang tidak dapat diduga”.

Keputusan ini terjadi hanya beberapa hari setelah Musk mengumumkan rencana untuk memangkas lebih dari 10% tenaga kerja globalnya.

Dalam memo yang dikeluarkan untuk staf, Musk mengatakan tidak ada yang lebih dia benci, “tetapi hal itu harus dilakukan”.

Kini, gajinya menjadi sorotan – meski kompensasi yang diusulkan tidak mencakup gaji atau bonus.

Sebaliknya, kesepakatan tahun 2018 menetapkan imbalan berdasarkan nilai pasar Tesla yang meningkat hingga $650 miliar selama 10 tahun. Saham di perusahaan EV sekarang bernilai $500,36 miliar, menurut data.

Pada saat keputusannya, Hakim Kathaleen McCormick yang berbasis di Delaware mengatakan kesepakatan pembayaran itu tidak adil bagi pemegang saham.

Dia menemukan bahwa para direktur Tesla, yang menegosiasikan kesepakatan itu, “mungkin terheran-heran” karena “daya tarik superstar” Musk dan tidak sepenuhnya memberi tahu pemegang saham.

Keputusan tersebut membuat marah Musk, yang kemudian mengancam akan memindahkan kantor pusat Tesla dari Delaware ke Texas.

Pada hari Senin, Tesla mengajukan dokumen yang meminta pemegang saham untuk menyetujui langkah itu dan menandatangani kembali paket pembayaran 2018.

Ketua dewan Robyn Denholm menulis dalam sebuah surat yang termasuk dalam pengajuan peraturan: “Elon belum dibayar untuk pekerjaannya untuk Tesla selama enam tahun terakhir… Hal ini mengejutkan kami, dan banyak pemegang saham yang telah kami dengar, pada dasarnya tidak adil.”

Ms Denholm juga menyatakan dewan tidak setuju dengan keputusan pengadilan. “Kami tidak berpikir bahwa apa yang dikatakan Pengadilan Delaware adalah bagaimana hukum perusahaan seharusnya atau bagaimana cara kerjanya,” katanya.

Kompensasi Musk untuk tahun 2023 adalah $0, menurut pengajuan tersebut, karena miliarder tersebut tidak mengambil gaji dari perusahaan dan diberi kompensasi melalui opsi saham.

“Jika secara hukum disarankan, kami menyarankan agar paket asli 2018 tunduk pada pemungutan suara pemegang saham baru,” kata Tesla, seraya menambahkan bahwa pihaknya masih berencana untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Pemungutan suara ulang ini dilakukan pada saat yang sulit bagi perusahaan yang mengalami pengiriman kendaraan listrik paling sedikit sejak tahun 2022. Lemahnya permintaan terjadi menjelang pendapatan kuartalannya yang akan diumumkan minggu depan.

Musk juga berusaha memulihkan reputasinya setelah tahun yang penuh gejolak. Tesla harus menarik kembali mobilnya karena masalah keselamatan, Musk terjebak dalam pertikaian konspirasi antisemit dan berulang kali mengalami masalah dengan X, platform media sosialnya.

Namun terlepas dari itu, Bloomberg dan Forbes memperkirakan kekayaan bersih Musk berkisar antara $198 miliar hingga $220 miliar pada November 2023, menjadikannya orang terkaya di dunia.