lebih-dari-50-persen-plak-di-arteri-yang-tersumbat-mengandung-plastik-lianxifs.com

Temuan Mengejutkan: Lebih dari 50% Plak di Arteri yang Tersumbat Mengandung Plastik

lebih-dari-50-persen-plak-di-arteri-yang-tersumbat-mengandung-plastik-lianxifs.com

PENDAHULUAN

Penelitian terbaru telah mengungkapkan temuan yang mengejutkan bahwa lebih dari 50% plak di arteri yang tersumbat mengandung partikel plastik. Temuan ini menimbulkan kekhawatiran baru tentang dampak polusi plastik terhadap kesehatan manusia, terutama terkait dengan penyakit kardiovaskular.

Plastik kini ada di mana-mana, dengan pecahan kecil yang ditemukan di beberapa organ utama tubuh manusia, termasuk plasenta .

Mengingat betapa mudahnya partikel mikroskopis menyusup ke jaringan kita, penting bagi kita untuk mengetahui dengan tepat risiko apa yang dapat ditimbulkannya terhadap kesehatan kita.

Latar Belakang Penelitian

Studi ini telah dipublikasikan di New England Journal of Medicine yang meneliti sampel plak dari pasien yang menjalani operasi pengangkatan plak arteri. Menggunakan teknik analisis mikroskopis canggih, mereka dapat mengidentifikasi adanya partikel plastik dalam plak tersebut.

Para peneliti sedang sibuk mempelajari dampak mikroplastik pada replika mini organ tubuh , dan pada tikus , untuk mengetahui dampaknya terhadap tubuh manusia. Namun, konsentrasi mikroplastik yang digunakan dalam penelitian tersebut mungkin tidak mencerminkan paparan manusia di dunia nyata, dan hanya sedikit penelitian yang telah dilakukan pada manusia.

Kini, sebuah penelitian kecil di Italia menemukan pecahan mikroplastik dalam timbunan lemak yang diambil melalui pembedahan dari pasien yang menjalani operasi untuk membuka arteri mereka yang tersumbat – dan melaporkan hasil kesehatan mereka hampir 3 tahun kemudian.

Menghilangkan plak lemak dari arteri yang menyempit melalui prosedur yang disebut endarterektomi karotis mengurangi risiko stroke di masa depan.

Tim di balik penelitian baru ini, yang dipimpin oleh Raffaele Marfella, seorang peneliti medis di Universitas Campania di Naples, bertanya-tanya bagaimana risiko stroke – serta serangan jantung dan kematian – dibandingkan antara pasien yang memiliki mikroplastik di plaknya dan mereka yang memiliki plak mikroplastik. tidak.

Metode Observasi

Setelah mengamati 257 pasien selama 34 bulan, para peneliti menemukan hampir 60 persen dari mereka memiliki sejumlah polietilen dalam plak yang diambil dari arteri mereka yang menebal lemak, dan 12 persen juga memiliki polivinil klorida (PVC) dalam timbunan lemak yang diekstraksi.

PVC hadir dalam bentuk kaku dan fleksibel, dan digunakan untuk membuat pipa air, botol plastik, lantai, dan pengemasan. Polietilen adalah plastik yang paling umum diproduksi , digunakan untuk kantong plastik, film, dan juga botol.

Hasil Obeservasi

Dengan mikroplastik yang sebelumnya ditemukan mengalir melalui aliran darah manusia , para peneliti cukup khawatir dengan kesehatan jantung. Penelitian berbasis laboratorium menunjukkan mikroplastik dapat memicu peradangan dan stres oksidatif pada sel jantung, serta mengganggu fungsi jantung, mengubah detak jantung, dan menyebabkan jaringan parut pada jantung pada hewan seperti tikus.

“Data observasi dari studi paparan di tempat kerja [juga] menunjukkan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular di antara orang-orang yang terpapar polusi terkait plastik, termasuk polivinil klorida, dibandingkan dengan yang terlihat pada populasi umum,” tulis Marfella dan rekannya .

Dalam studi tersebut, pasien dengan mikroplastik pada plak yang dipotong memiliki kemungkinan 4,5 kali lebih besar untuk mengalami stroke, serangan jantung non-fatal, atau meninggal karena sebab apa pun setelah 34 bulan dibandingkan orang yang tidak memiliki mikroplastik terdeteksi pada plak yang telah diangkat oleh ahli bedah.

Jumlah mikroplastik, dan bahkan partikel yang lebih kecil lagi yang disebut nanoplastik, diukur menggunakan teknik yang disebut pirolisis–kromatografi gas–spektrometri massa , dan keberadaannya dikonfirmasi menggunakan metode lain, analisis isotop stabil, yang dapat membedakan antara karbon di jaringan manusia dan karbon di jaringan manusia. plastik yang terbuat dari petrokimia.

Mikroplastik juga terlihat di bawah mikroskop yang canggih: Para peneliti mengamati pecahan plastik dengan tepi bergerigi di dalam sel kekebalan yang disebut makrofag, dan di dalam plak lemak. Saat memeriksa sampel jaringan, tim juga menemukan tingkat penanda inflamasi yang lebih tinggi pada pasien dengan mikroplastik di plak mereka.

Panel dua gambar hitam putih menunjukkan partikel plastik bergerigi, ditandai dengan panah, di bagian jaringan, dilihat di bawah mikroskop.
Partikel plastik bergerigi terlihat di dalam makrofag dan endapan jaringan lemak, dikeluarkan dari arteri yang tersumbat. ( Marfella dkk., NEJM , 2024 )

Namun, perlu diingat bahwa studi observasional seperti ini tidak dapat secara pasti menyimpulkan bahwa mikroplastik menyebabkan efek hilir pada jantung; hanya saja ada asosiasi. Studi tersebut tidak mempertimbangkan faktor risiko lain untuk penyakit kardiovaskular , seperti merokok, kurangnya aktivitas fisik, dan polusi udara .

“Meskipun kita tidak mengetahui paparan lain apa yang mungkin berkontribusi terhadap hasil buruk di antara pasien dalam penelitian ini, temuan mikroplastik dan nanoplastik dalam jaringan plak itu sendiri merupakan penemuan terobosan yang menimbulkan serangkaian pertanyaan mendesak,” seperti bagaimana cara mengurangi paparan tersebut. paparan, tulis dokter anak, dokter kesehatan masyarakat dan ahli epidemiologi Philip J. Landrigan, dari Boston College, dalam editorial yang menyertainya .

Produksi plastik telah meledak dalam dua dekade terakhir , hanya sebagian kecil yang didaur ulang, namun tingkat penyakit kardiovaskular telah menurun di beberapa bagian dunia , sehingga diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami hubungan antara keduanya.

 .